Sejarah perkembangan olahraga di indonesia dan organisasi

Sejarah perkembangan olahraga di indonesia dan organisasi

Perkembangan olahraga di indonesia

Sejarah perkembangan olahraga di Indonesia dan organisasi – Sejarah Olahraga di Indonesia dapat Anda perkembangan untuk mengetahui perkembangan olahraga di Indonesia. Salah satu jenis atau aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia adalah olahraga.

Olahraga terbagi menjadi berbagai jenis dan ragam yang setiap hari terus berkembang. Indonesia sendiri sebenarnya sudah mulai mengenal olahraga. Sejak zaman dahulu memang olahraga telah dilakukan sejak dulu bahkan ada yang mengatakan olahraga baru dilakukan sejak zaman nabi.

Masyarakat Indonesia yang dinamis akan percaya pada orang-orang yang hidup hanya bisa memikirkan kemampuan dan kemampuan masing-masing manusia juga akan mengubah zaman dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Olahraga memberi peluang yang sangat baik untuk menyalurkan tenaga dengan jalan yang baik di lingkungan persaudaraan dan persahabatan untuk persatuan yang sehat dan menyenangkan yang bersahabat dan gembira.

Sejarah Olahraga di Indonesia

Dari zaman pra sejarah pun sebenarnya Indonesia sudah tahu tentang olahraga hanya saja kegunaan dan juga cara untuk melakukan olahraga tidak seperti pada saat modern ini. Pada saat zaman dahulu fungsi utama dari olahraga ini merupakan aktivitas untuk bertahan hidup dari berbagai keperluan untuk perlindungan dari lingkungan ganasnya.

Pada zaman dahulu berbagai tantangan yang harus dihadapi diantaranya seperti hujan, badai, topan serta binatang buas dengan beragam jenis. Zaman ini belum mengenal olahraga secara tepat melainkan hanya merupakan sebuah gerakan yang sama dengan gerakan olahraga atau semacam olahraga. Berbagai olahraga yang sudah dikenal pada zaman itu diantaranya seperti:

  • Renang
  • Dayung
  • Lari
  • Gulat
  • Bela diri
  • Tarian perang
  • Memainkan senjata

Sejarah Olahraga di Masa Kerajaan dan Kebudayaan Islam

Saat Indonesia masih dalam sebuah sistem kerajaan dan dipimpin oleh raja-raja sudah mengenal olahraga. Hanya saja bentuk dan tujuan dari olahraga pada saat itu berbeda dengan bentuk dan juga tujuan pada saat ini. Pada saat itu olahraga hanya dilakukan secara sederhana saja dan dengan menggunakan alat-alat yang sederhana saja. Kebanyakan jenis olahraga yang dilakukan pada saat masa kerajaan adalah dengan menggunakan ketangkasan seperti misalnya berburu, memanah dan bela diri. Prasarana dan alat yang digunakan pun merupakan berbagai peralatan yang masih ala kadarnya.

Salah satu sejarah tentang perkembangan dari olahraga di Indonesia juga berkembang pada saat masa kerajaan islam di Indonesia. Islam sendiri masuk ke Indonesia karena adanya pedagang dari Gujarat yang mulai masuk ke Indonesia. Masuknya Islam kemudian juga berpengaruh dengan kondisi perkembangan olahraga di Indonesia. Hal ini dikarenakan islam juga mengajarkan untuk hidup sehat dan sempurna dengan melakukan berbagai olahraga.

Sehingga, pada saat masa ini ada berbagai jenis olahraga yang mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menunggang kuda
  • Memainkan senjata
  • Kekebalan tubuh
  • Perang
  • Pencak silat

Indonesia dalam dunia Olahraga Internasional

Usaha untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia Olahraga internasional dilakukan dengan mengirimkan atlit-atlit kita ke Asian Games I di New Delhi pada tahun 1951 dan ke Olimpiade di XV di Helsinki pada tahun 1952.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *