Pelestarian Alam yang Jadi Spot Rekreasi Terpopuler

Pelestarian Alam yang Jadi Spot Rekreasi Terpopuler

Kawasan Pelestarian Alam yang Jadi Spot Rekreasi Terpopuler di Jatim

Pelestarian Alam yang Jadi Spot Rekreasi Terpopuler – Pengelolaan pelestarian alam dibagi menjadi berbagai jenis. Secara umum, ada tiga kategori yang umumnya telah dikenal. Mereka, antara lain, cagar alam, suaka margasatwa dan taman nasional.

Tak seperti dua kategori yang disebut terakhir, cagar alam adalah kawasan pelestarian alam yang paling sulit untuk diakses. Untuk bisa masuk, kamu harus mengantongi izin khusus. Pasalnya, kawasan cagar alam ini adalah kawasan alam yang diperuntukkan bagi flora dan fauna yang hidup di dalamnya supaya berkembang secara alami.

Sementara itu, selain suaka margasatwa dan taman nasional, terdapat satu kategori pelestarian alam lain yang memiliki tujuan edukasi dan rekreasi. Adalah taman wisata alam (TWA) namanya.

  • Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang

SM Dataran Tinggi Yang ini terletak di empat kabupaten yang saling berbatasan. Keempat kabupaten itu antara lain Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Jember. Puncak tertinggi dari Dataran Tinggi Yang adalah Gunung Argopuro.

Namanya juga dataran tinggi, untuk sampai di sana kamu harus mendaki.

  • Taman Wisata Alam Gunung Baung

TWA Gunung Baung ini berlokasi di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Sebelah barat TWA ini berbatasan dengan Kebun Raya Purwodadi yang terkenal itu. Sebelumnya, Gunung Baung ini berstatus cagar alam sebelum diubah statusnya menjadi TWA pada tahun 1980.

Di sana, kamu bisa melihat pohon beringin tumbuh terhampar. Selain itu, di sana juga terdapat enam jenis bambu, lho. Satwa yang hidup di TWA Gunung Baung juga datang dari berbagai jenis, misalnya saja ular piton, landak dan trenggiling.

Suaka Margasatwa Pulau Bawean

Suaka margasatwa ini berupa pulau kecil di sebelah utara sekaligus masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Gresik. SM Pulau Bawean ini tepatnya terletak di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Satwa liar yang dilindungi di sana adalah rusa bawean (axis kuhlii). dengan kalimat lain, rusa bawean ini adalah satwa yang terancam punah. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim sendiri menyebut hanya ada 303 ekor rusa bawean yang hidup di alam liar pada tahun 2016.

  • Taman Wisata Alam Kawah Ijen

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ini terletak di wilayah administrasi perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. TWA ini adalah bagian dari Cagar Alam Kawah Ijen.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai flora dataran tinggi seperti edelweiss dan cemara. Beberapa burung endemik semisal walik kepala ungu, cekaka jawa, cucak gunung dan ayam hutan hijau bisa kamu temui, kalau beruntung. Soalnya, TWA Kawah Ijen hanya dibuka mulai pukul 01.00 WIB – 12.00 WIB saja.

  • Taman Wisata Alam Tretes

Seperti yang sudah diketahui banyak Wong Jatim, TWA Tretes ini terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. TWA Tretes ini merupakan bagian dari Pegunungan Arjuna.

Di sana, kamu akan banyak sekali menemukan pohon-pohon pinus. Sebelumnya, terdapat satwa kera abu-abu, lutung jawa dan babi hutan. Namun, seiring perkembangan, satwa-satwa itu kini jarang sekali terlihat. Sebagai gantinya, kamu akan menemui berbagai jenis burung seperti, prenjak, trucukan, kutilang dan raja udang.

Sebagai TWA yang paling populer dan terbanyak dikunjungi, di sekitar TWA Tretes ini banyak sekali ditemui hotel maupun vila. Dari Surabaya, TWA Tretes ini bisa dicapai dengan dua sampai tiga jam perjalanan darat. Sesampainya di sana, kamu akan menghirup udara nan sejuk. Mantap kan!

Itulah lima kawasan pelestarian alam terpopuler di Jawa Timur yang cocok bagi kamu-kamu yang mencari suasana liburan tak biasa.