Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga untuk Ibu Hamil, – Olahraga untuk ibu hamil itu penting, bukan sekadar untuk berkegiatan yang menyenangkan, tapi juga bisa membuat si ibu dan bayi sehat selalu sampai hari lahir nanti. Walau begitu, tidak sembarang olahraga bisa dilakukan lho! Apa saja ya?

1. Jalan cepat

Untuk ibu hamil yang baru memasuki trimester awal yang disarankan adalah jalan cepat. Olahraga satu ini bisa dilakukan saat pagi hari atau sore dimana matahari tidak bersinar dengan ganasnya. Lakukan jalan cepat di jalanan yang halus, tidak berlubang, dan banyak hambatan.

Saat kehamilan memasuki trimester tua, olahraga jalan cepat mungkin akan tidak lagi disarankan karena semakin sulitnya mengatur keseimbangan dan napas.

2. Bersepeda di Sepeda Stationer

Olaharaga yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah bersepeda menggunakan sepeda stationer. Selain bisa meningkatkan detak jantung, menggunakan sepeda stationer lebih aman karena menghindari resiko jatuh. Olahraga ini juga disarankan untuk calon ibu muda yang baru pertama kali olahraga saat hamil.

3. Aerobik Sederhana

Ya, ibu hamil tetap bisa aerobik, lho! Namun bukan aerobik yang bergerak seperti lompat, tendangan, atau berlari cepat. Olahraga untuk ibu hamil ya sebaiknya yang bisa memperkuat jantung dan membantu menjaga keseimbangan.

Jika memang ingin mengikuti kelas aerobik, pilih yang memang dikhususkan untuk ibu hamil atau katakana kepada pelatihnya bahwa dalam keadaan hamil sehingga bisa mendapatkan perhatian lebih.

4. Berenang

Berenang adalah olahraga untuk ibu hamil yang banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Kenapa? Olaharaga satu ini tidak menekan sendi tapi tetap bisa memaksimalkan pergerakan tubuh.

Saat berenang, sebaiknya juga ibu hamil menghindari untuk tidak melompat atau menyelam karena bisa berdampak buruk kepada si bayi. Pun pilih gaya renang yang tidak beresiko, seperti gaya punggung misalnya yang cukup aman untuk ibu hamil.

5. Yoga

Jika berminat dengan olahraga yang menenangkan, coba untuk yoga. Yoga juga bisa membantu ibu hamil tetap bergerak dengan lentur dan fleksibel. Kelebihan lain yaitu bisa memperkuat otot, memperlancar sirkulasi darah, dan tetap terkendali juga tenang selama persalinan.

Saat perut sudah mulai besar, hindari untuk yoga dalam posisi yang bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan.

***

Walau menyenangkan, olahraga tetap perlu hati-hati dan tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Tetap jaga asupan makan dan istirahat cukup juga akan membantu ibu dan bayi sehat sampai lahiran nanti.