Kuburan Gua Alam di Tampang Allo

Kuburan Gua Alam di Tampang Allo

Kuburan Gua Alam di Tampang Allo

Kuburan Gua Alam di Tampang Allo – Salah satu tempat wisata di Tana Toraja yang tidak kalah menarik ialah kuburan gua alam Tampang Allo. Yang berada di kelurahan Kaero, kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulsel.

Tempat wisata ini menjadi populer dan menyimpan daya tarik wisata Lantaran keunikan objek wisata tersebut. Berupa gua alam yang dijadikan sebagai tempat penguburan masyarakat Toraja jaman dahulu.

Kuburan ini berada pada ketinggian 807 meter diatas permukaan laut, dimana berlokasi di sebelah selatan Rantepao sekitar 23 km.

Saat kalian memasuki kawasan kuburan itu akan melewati pematang sawah dan di depan kuburan gua itu juga terhampar sawah hijau.

Didalam kuburan itu ditemukan puluhan erong (peti mayat dengan bentuk binatang), tau-tau (patung), banyak tengkorak serta tulang-belulang masyarakat Toraja dahulu kala yang dikubur disana.

Gua alam tersebut menjadi kuburan bagi penguasa Sanggala pada abad ke-16 dahulu. Menjadi tempat penguburan bagi Sang Puang Menturino beserta istri dan keluarganya.

Menurut legenda yang ada di masyarakat

Menurut legenda yang ada di masyarakat, gua alam ini menjadi pilihan tempat dari Penguasa Sangalla tersebut sebagai tempat pemakaman kelak mereka meninggal.

Tetapi konon jenazah Sang Puang Menturino dimakamkan di erong yang terpisah dengan istrinya. Tetapi, tiba-tiba erong pemakaman jenazah Sang Puang kosong dan sudah bersatu dengan jenazah istrinya yang ada di Tampang Allo. Obyek wisata ini patut untuk dikunjungi sekaligus untuk mengenang sejarahnya.

Menurut legenda masyarakat di Tampang Allo, Rangga Bulaan meninggal lebih dahulu dan jenazahnya dimasukkan ke dalam Erong dan diletakkan dalam gua Tampang Allo.

Di sana terdapat puluhan erong (peti mayat berbentuk binatang), tau-tau (patung). Tengkorak dan tulang-belulang orang Toraja zaman dulu.

Memasuki kawasan kuburan gua alam Tampang Allo melewati pematang sawah. Sekitar 50m dari jalan raya dan di depan Tampang Allo ada hamparan sawah.

Gua Alam Tampang Allo berada Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekitar 23 km sebelah selatan Rantepao atau sekitar 9 km sebelah barat Makale. Yang letaknya dengan ketinggian 807m dpl dengan posisi koordinat S 03°05’15.0” dan E 119°54’11.1”.