Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia

Mengenal Keunikan Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia Negara Paling Bahagia di DuniaUnited Nations World Happiness Report 2020 kembali menganugerahkan Finlandia sebagai negara paling bahagia di muka bumi. Dilansir dari The Travel, Finlandia untuk disetujui, diterima. Mulai 2018, 2019 dan 2020. Denmark, Swiss, Islandia, dan Norwegia berada di bawah Finlandia.

Kalau mendengar nama Finlandia, apa yang muncul di pikiranmu? Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia atau negara yang orang-orangnya paling berbahagia? Semua itu hanya sebagian besar dari keunikan Finlandia, negeri nun jauh di daerah Nordik, Eropa. Selain itu, yuk kenali lebih jauh tentang negara unik yang satu ini!

  • Matahari yang tidak tercatat di Lapland

Bukan hanya  Tanah Seribu Danau , Finlandia juga dijuluki sebagai  Negeri Matahari Tengah Malam  karena matahari yang tidak menabur sama sekali selama 24 jam! Fenomena alam yang menakjubkan ini dapat dinikmati pada bulan Juni hingga Juli setiap tahunnya.

Selayaknya pada siang hari, orang-orang Finlandia tetap beraktivitas normal saat terjadi  tengah malam . Sauna dan berenang adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan. Selain itu, banyak festival juga diadakan pada bulan-bulan tersebut.

  • Pertunjukan aurora borealis yang indah

Siapa yang tidak mengagumi keindahan aurora borealis? Peristiwa ini dapat Anda temukan di Finlandia. Lapland adalah lokasi favorit untuk menyaksikan cahaya indah ini. Oktober hingga Maret adalah waktu terbaik untuk melihat aurora borealis. Bersiaplah di tengah malam dan hindari tempat yang banyak cahaya.

Jika kamu beruntung, kamu akan melihat Aurora Borealis di langit Lapland.

  • Menikmati alam di taman nasional

Finlandia terkenal dengan alamnya yang super asri dan cantik. Bagi orang Finlandia, alam adalah sumber inspirasi. Jika kamu suka di alam terbuka, taman nasional bisa dijadikan destinasi pilihan.

Ada 40 taman nasional di Finlandia dan semuanya memukau! Kamu bisa berkemah, pengamatan satwa liar, bermain ski saat musim dingin, atau memenangkan jalan-jalan di sini. Pokoknya seru!

  • Konsumsi kopi tertinggi di dunia

Kopi ATAU dalam Bahasa Finlandia disebut  kahvi , Adalah Minuman kesukaan orangutan Finlandia. Data dari  International Coffee Organization  (ICO) pada tahun 2016 menunjukkan konsumsi kopi per kapita setiap orang Finlandia mencapai 12 kg per tahun, setara dengan 4-5  cangkir  per hari. Kamu yang suka kopi bisa banget nih cobain wisata ke Finlandia!

  • Salmiakki, permen dengan rasa yang ‘aneh’

Finlandia punya jenis permen dengan rasa asin yang disebut dengan  Salmiakki . Bagi selain orang Finlandia, rasa  Salmiakki lebih  aneh di lidah.

Namun, tidak untuk orang Finlandia. Mereka sangat menyukai  Salmiakki , dibuktikan dengan mudahnya menemukan permen atau es krim dengan rasa  Salmiakki  hampir di seluruh toko di Finlandia. Tertarik mencoba?

  • Ribuan danau tersebar di seluruh Finlandia

Finlandia dan danau adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Ada sekitar 188.000 danau yang tersebar di seluruh Finlandia, sehingga negara ini dikenal dengan sebutan  Tanah Seribu Danau  atau Negeri Seribu Danau.

Warna biru yang ada di bendera Finlandia pun melambangkan banyak danau di negara ini. Danau terbesar adalah Danau Saimaa yang ada di Finladia Timur. Cantik ya!

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia

  • Budaya sauna yang Finlandia banget!

Tahukah kamu kata sauna adalah satu-satunya kata dalam Bahasa Finlandia yang sudah mendunia? Di Finlandia sendiri ada sekitar 2 juta sauna, hampir setengah dari jumlah penduduk negara Finlandia yang berjumlah sekitar 5 juta jiwa. Hampir setiap rumah, hotel, tempat berkemah, dan rumah-rumah pondok memiliki sauna di dalamnya.

Sebelum masuk ke dalam sauna, wajib banget buat melepaskan seluruh pakaian. Sauna biasanya dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Jika sauna hanya satu jenis, maka akan ada pengaturan jam yang berbeda antara laki-laki dan perempuan atau akan diberikan penutup badan khusus.

Bagi orang Finlandia, sauna bukan fasilitas untuk menyehatkan tubuh. Saat bersauna, orang-orang Finlandia yang dikenal pemalu bisa bersosialisasi dengan orang lain ditemani segelas bir. Wah, unik ya!

  • Bermalam di hotel igloo

Mencari hotel unik untuk tujuan wisata? Coba hotel igloo di Finlandia! Salah satu yang terkenal adalah  Kakslauttanen Resor Arktik  yang berlokasi di Lapland, Finlandia Utara. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan aurora borealis yang menakjubkan sambil rebahan di kasur.

Eits, ada harga ada rupa. Kalau kamu mau menikmati pengalaman ini, siap-siap merogoh kocek mulai dari € 420 atau sekitar 6 juta rupiah per malam. Harga bisa berubah-ubah tergantung musim. Pastikan teliti dulu sebelum memesan kamar ya!

  • Desa santa claus

Dari mana Santa Claus diterima? Jawabannya adalah Desa Santa Claus di Rovaniemi, Lapland! Desa Sinterklas  atau Desa Sinterklas adalah taman hiburan yang mulai dibuka pada tahun 1985.  Lingkaran Arktik , yang ditandai dengan garis putih yang membelah kawasan desa wisata tersebut.

Cukup lewati garis tersebut dan kamu sudah resmi meluncurkan kawasan Arktik! Kamu juga dapat menggunakan Sinterklas di sana, membuat tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

  • Salah satu kiblat desain bangunan dunia

Pernah dengar Marimekko? Ya, salah satu perusahaan ternama asal Finlandia yang bergerak di bidang dekorasi dan busana. Desainnya unik dan menarik.

Tidak hanya soal gaya busana, selera desain orang-orang Finlandia yang tinggi juga diwujudkan dalam bentuk bangunan, mebel, hingga gerabah. Sungguh unik!

Itulah 10 keunikan Finlandia yang perlu Anda ketahui. Sekarang wawasanmu sudah semakin meningkat, kan?