Fakta unik indonesia yang begitu menakjubkan dunia

Fakta unik indonesia yang begitu menakjubkan dunia

Fakta negara kepulauan

Fakta unik indonesia yang begitu menakjubkan dunia – Negara kepualauan terbesar di dunia ini memiliki banyak hal yang patut dibanggakan. Bicara soal Indonesia, tahu nggak sih kalau nama ini berasal dari bahasa Yunani ‘Indos’ (Ἰνδός) dan kata ‘nesos’ (νῆσος), yang artinya “pulau-pulau India”.

Selain itu, Indonesia juga memiliki beragam hayati yang unik, di mana Indonesia pernah memiliki banyak fauna Asia seperti harimau Sumatera, badak, orang utan, gajah Asia, dan macan tutul, namun jumlah mereka kini telah bertambah drastis, seiring dengan berkurangnya hutan-hutan yang menjadi tempat tinggal mereka.

Tak sampai di situ, Indonesia yang menentukan laut tropis memiliki tingkat keanekaragaman hayati tinggi, dan menyetujui masuk dalam salah satu negara Segitiga Karang yan memiliki keanekaragaman ikan terumbu karang terbesar di dunia, di mana di bagian Indonesia timur hanya memiliki lebih dari 1,650 spesies.

Selain beberapa fakta di atas, berikut ini adalah 5 hal lain tentang Indonesia yang harus kamu ketahui, dikutip dari berbagai sumber.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam jajaran stadion tebesar di dunia.

Dengan kapasitas 88,306 penonton SU GBK  menempati posisi ke-8 dalam jajaran stadion terbesar di dunia. Selain itu SUGBK juga menjadi stadion paling terang ke-4 di dunia.

Garis pantai terpanjang

Menurut CIA World Factbook, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang, yaitu lebih dari 54.000 km.

tambang emas terbesar di dunia

Dipunyai negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa, Indonesia memiliki tambang emas dan tembaga terbesar ke-3 di dunia, yaitu tambang Grasberg yang ditemukan di puncak Jaya, Papua.

Ikut serta dalam Piala Dunia

Pada tahun 1938 dengan nama Hindia Belanda, Indonesia lolos dan memenangkan Piala Dunia FIFA tahun 1938. Namun Indonesia kalah saat melawan Hongarian dengan skor 6-0.

Permainan congklak

Congklak atau dakon atau mancala adalah permainan tradisonal di Indonesia. Dimainkan dengan cara memainkan 98 biji-bijian atau cangkang kerang ke dalam papan yang memiliki 16 lubang – dua lubang di dalamnya.

Barang siapa memasukkan biji-bijian terbanyak ke ‘Rumah’ diumumkan jadi pemenang.

Tahukah Anda, itu adalah salah satu permainan yang diterima di dunia. Sejarahnya bisa ditelusuri ke masa Mesir Kuno – kompilasi Negeri Para Firaun berada di dalam kekuasaan Romawi pada Abad ke-4 Masehi.

Permainan tersebut didistribusikan ke Asia Tenggara pada Abad ke-15, melalui para pedagang India atau Arab.

Di Jawa, nama ‘dakon’ dihapus pada batu dakon berlubang dari Zaman Perunggu Purba – yang biasanya memiliki 4 atau 5 lubang.

Namun, prasejarah itu tidak ada yang disetujui dengan permainan tersebut. Batuan dakon lebih mungkin digunakan dalam upacara penghormatan nenek moyang.

Pulau Run Ditukar Manhattan

Pada 8 September 1664, Belanda di bawah Pieter Stuyvesant melakukan penukaran properti paling aneh yang pernah dilakukan dalam sejarah dunia.

Mereka menyerahkan Pulau New Amsterdam – yang kini menjadi Manhattan, New York demi mendapatkan pulau kecil di Indonesia:

Transaksi ini salah satu titik balik penting dalam sejarah Amerika Serikat.

Apa dasar penukaran itu?

Run punya arti penting dalam keuangan global karena hasil buminya yang dulu bernilai lebih mahal dari emas: pala (pala).

Pada Abad ke-17, pala bernilai sangat tinggi. Awalnya, biji tanaman Myristica fragrans digunakan untuk mengawetkan makanan. Sementara untuk kalangan berpunya, rempah-rempah ini digunakan sebagai bumbu masak yang eksotis.

Hingga akhirnya para dokter di era pemerintahan Elizabeth I mulai memperkenalkan pala sebagai obat untuk penyakit pes – yang pernah mewabah di Eropa, yang dikenal sebagai Black Death atau Maut Hitam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *