Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi – Indonesia merupakan sebuah negara yang punya kekayaan alam berlimpah. Salah satunya adalah kekayaan ekosistem bawah laut yang sangat indah. Ekosistem bawah laut Indonesia tak hanya ada terumbu karang dan ikan, tapi juga berbagai hewan lain yang unik, misalnya seperti penyu. Indonesia sendiri memiliki beberapa penangkaran penyu anda bisa melihat, bermain hingga melepas penyu-penyu kelautan. Berikut ini adalah 5 tempat penangkaran penyu di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

1. Penangkaran Penyu Pantai Sukamade, Banyuwangi

1f67a1579ea53586d2359b4bb859d30a - Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Pantai cantik di Kabupaten Banyuwangi ini tak hanya dikenal sebagai jalur off-road yang memacu adrenalin, tapi juga sebagai salah satu tempat penangkaran penyu semi alami. Dikutip dari https://slot-online.games/ hal ini dikarenakan di penangkaran ini tidak hanya ada satu jenis penyu saja, melainkan berbagai macam jenis penyu. Beberapa diantaranya adalah Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea), Penyu Hijau (Chelonia Mydas) dan Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea). Di pantai ini, Anda bisa melihat langsung proses konservasi penyu dan mengikuti pelapasannya ke laut.

2. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa

Penangkaran Penyu Deluang Sari 2 1024x503 - Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat penangkaran penyu yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena sudah sering menjadi destinasi wisata saat liburan di Bali. Deluang Sari terpilih sebagai tempat penangkaran penyu karena daerah pantainya yang berpasir sehingga menjadi tempat yang cocok untuk habitat berkembang biak penyu.

Jenis penyu yang kembangbiakan adalah jenis Penyu Laut. Karena saat ini Penangkaran Penyu Deluang Sari sudah menjadi sebagai objek wisata, maka Anda bisa bermain bersama penyu hingga melihat proses pengembangbiakan penyu. Anda juga bisa melepaskan penyu-penyu kecil ini ke laut lepas juga.

3. Penangkaran Penyu Pulau Serangan, Bali

15  DSC 0096 Salah satu jenis penyu di TCEC Pulau Serangan adalah penyu sisik (2) - Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat penangkaran penyu di Indonesia selanjutnya ada di Pulau Serangan, Bali. Nama penangkaran penyu ini adalah Turtle Conservation and Education Centre (TCEC) dan sudah ada sejak tahun 2006. jenis penyu yang berada dalam tempat penangkaran penyu ini ada 6 macam, antara lain Penyu Sisik, Penyu Pipih, Penyu Lekang, Penyu Hijau, Penyu Belimbing dan Penyu Penyu Tempayan.

4. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Pengunjung - Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Tempat penangkaran penyu ini terletak di Desa Gili Indah, Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Penangkaran penyu ini telah berdiri sejak tahun 2009 di lahan seluas 10×24 meter. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, tapi tempat penangkaran penyu ini melepas penyu sebanyak dua kali tiap tahunnya yang bersumber dari telur-telur yang beli dari masyarakat pada sekitar Gili Trawangan yang selalu berburu telur penyu.

5. Penangkaran Penyu Pengumbahan, Ujung Genteng Sukabumi

931a42bb3b0bef7e40c19e42e2deefbcb7860d4a - Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia Wisata Konservasi

Berada di Kabupaten Sukabumi, tempat penangkaran penyu ini lokasinya ada di Ujung Genteng tepat di salah satu sudut pantainya. Sayangnya, penangkaran penyu ini tidak terbuka untuk wisata umum karena penyu sensitif dengan manusia dan cahaya.

Biasanya penyu akan datang pada malam hari untuk bertelur dan proses bertelurnya memakan waktu hingga tiga jam. Jenis penyu yang tangkarkan pada penangkaran penyu Pengumbahan ini adalah jenis Penyu Hijau.