Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Fakta Kota La Paz Bolivia

La Paz  Merupakan kota unik di Pegunungan Andes

Fakta Kota La Paz Bolivia – La Paz merupakan ibu kota dari negara Bolivia. Secara de facto yang letaknya berada di tengah Pegunungan Andes dan berada di bagian barat negara terkunci ini.

Karena letaknya yang berada pada area dataran tinggi. Tentunya kota dengan penduduk metropolitan sebesar 2.3 juta jiwa ini menyimpan berbagai keunikan tersendiri. Beserta tradisi masyarakatnya yang begitu khas.

Selain itu, kota ini tentunya menyimpan berbagai fakta menarik di dalamnya yang perlu kalian ketahui. Nah, buat kalian yang ingin tahu apa saja fakta menarik dari ibu kota Bolivia ini, simak yuk ulasannya di bawah ini.

1. Menjadi Ibu Kota Negar Tertinggi di Dunia

1. Menjadi ibu kota negara tertinggi di dunia - Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Bolivia merupakan ibu kota negara Bolivia secara de facto karena menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian negara ini. Kota yang berbatasan langsung dengan El Alto ini menjadi ibu kota tertinggi di dunia yang berada pada ketinggian lebih dari 3.650 meter dari permukaan laut.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata untuk Memulai Berpetualang di Alam Liar

Meskipun begitu, ibu kota negara Bolivia secara konstitusional berada di Sucre yang letaknya ada di tengah negara ini dan memiliki berbagai bangunan khas.

2. Kota Bersuhu Dingin di Negara Beriklim Tropis

2. Kota bersuhu dingin di negara beriklim tropis - Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Fakta Kota La Paz Bolivia memang terletak di area dataran tinggi dan tentunya membuat kota ini memiliki suhu udara yang sejak dan cenderung dingin. Bahkan kota ini memiliki suhu rata-rata di bawah 10 derajat celcius selama delapan bulan dalam setahun, meskipun secara geografis termasuk negara beriklim tropis.

Terkadang saat pertengahan tahun tiba pada bulan Mei hingga Agustus suhu terendahnya bisa mencapai -1 derajat celcius. Bahkan pada tahun 2011, La Paz dan Departemen Potosi pernah diguyur hujan salju terlebat sejak 20 tahun terakhir.

3. Mempunyai Kereta Gantung Terpanjang di Dunia

3. Mempunyai kereta gantung terpanjang di dunia - Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Keunikan berikutnya dari kota ini adalah adanya kereta gantung terpanjang di dunia yang digunakan sebagai moda transportasi umum. Kereta gantung bernama Mi Teleférico tersebut melayani di Kawasan Metropolitan La Paz-El Alto dengan panjangnya mencapai 10 km pada awal diresmikan pada tahun 2014.

Saat ini panjang lintasan kereta gantung tersebut sudah mencapai 16 km dan akan ditambah hingga mencapai total dari 32,7 km dengan sekitar sepuluh trayek lintasan.

Di samping itu, kereta gantung menjadi alat transportasi yang sesuai dengan kondisi geografis kota ini yang berupa pegunungan

4. Memiliki Jam yang Berputar Terbalik

4. Memiliki jam yang berputar terbalik - Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Kota La Paz juga memiliki keunikan lain, di mana adanya jam yang berputar terbalik. Umumnya jam berputar dari kiri ke kanan, namun di salah satu gedung kongres di kota ini justru sebaliknya yang berputar dri kanan ke kiri.

Pembuatan jam yang berputar terbalik ini diperuntukkan sebagai penghormatan dan pengingat untuk masyarakat lokal akan budaya leluhur mereka sebelum masa kolonial.

5. Adanya Zebra di Jalanan La Paz

5. Adanya Zebra di jalanan La Paz - Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Salah satu hal yang menarik ketika berkunjung ke La Paz adanya zebra yang berkeliaran di jalanan dan mengatur lalu lintas. Namun zebra ini bukanlah binatang zebra sesungguhnya alias hanya orang berkostum zebra. Mereka sudah menjadi salah satu keunikan dari kota ini.

Sebenarnya zebra sebagai pengatur jalanan di La Paz merupakan program dari pemerintah setempat untuk memperbaiki sistem lalu lintas. Dan mengurangi angka kecelakaan yang ada di kota ini. Dipilihnya zebra berasal dari simbol zebra cross, dikarenakan masyarakat Bolivia yang sering menyeberang tidak pada tempatnya.

Pastinya kalian sudah tahu kan beberapa fakta unik dan menarik dari Kota La Paz yang tidak dapat kalian temui di kota lainnya. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang dunia.

Sumber : Idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *