5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal – Klaten terkenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata alam memukau. Namun, selama pandemik virus corona, banyak destinasi wisata di Klaten yang terpaksa ditutup sementara.

Maka kini ada kabar baik buat kamu yang ingin liburan lagi ke berbagai wisata Klaten. Kamu bisa mengunjunginya dengan menaati aturan dan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut 5 rekomendasi destinasi wisata di Klaten yang dibuka kembali selama masa new normal atau normal baru.

1. Kali Talang

2282931801 - 5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

Kali Talang merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan panorama puncak Gunung Merapi. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Dari Kota Klaten menuju Kali Talang jaraknya sekitar 31 kilometer. Jika ditarik garik lurus, Kali Talang ternyata berjarak 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Meski terlihat dekat, tetapi Kali Talang berada dalam radius aman dari Puncak Merapi. Dari sini kamu akan disuguhkan pemandangan kawah Merapi yang menakjubkan.

Harga tiket masuknya Rp2.000. Parkir motor Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Kalau mau camping, tarifnya Rp10 ribu. Namun, pengunjung hanya mendapatkan ijin camping pada Sabtu malam.

2. Umbul Ponggok

Jejak kenzie umbul ponggok klaten 01 - 5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

Umbul Ponggok merupakan mata air yang mengelolah menjadi objek wisata. Kamu bisa mencoba foto-foto di bawah air layaknya di lautan bebas.

Melansir dari laman https://slot-online.games/ Wisata yang berlokasi di Desa Ponggok ini menawarkan tarif tiket masuk yang beragam. Tiket reguler seharga Rp15 ribu dan paketan Rp30 ribu (sudah termasuk snorkeling dan pelampung).

Paket Kamera Underwater Rp60 ribu untuk durasi pemotretan selama 30 menit maksimal 4 orang, sudah termasuk fotografer. Walker-Power Dive Rp150 ribu untuk durasi pemakaian Power Dive selama 30 menit, sudah termasuk dokumentasi.

Paket Diving Rp250 ribu sudah termasuk tabung oksigen, kaki katak, baju renang, dan kacamata serta bimbingan sebelum menyelam. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pada sore hari.

3. Pesona Alam Tirta

hipwee feature image 90 1200x630 - 5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

Berada di Kajen, Dalangan, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kolam renang ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Di Pesona Alam Tirta ini, kamu bisa berenang di tengah sawah.

Terdapat dua kolam renang. Untuk anak-anak kedalamannya 0,5 meter dan dewasa dengan kedalaman 1-1,7 meter. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, sekitar pukul 17.00-18.00 WIB.

Di sore hari, kamu bisa berenang sambil melihat matahari terbenam di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Harga tiketnya hanya Rp5.000.

4. Desa Wisata Bugisan

mantap candi plaosan segera miliki sendratari m 12976 - 5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

Bugisan merupakan desa di Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya dekat Candi Prambanan dan Candi Plaosan.

Merintis Desa wisata sejak tahun 2015 ini kerap menuai apresiasi. Sebab, nilai-nilai budayanya masih kental dan kearifan lokal masyarakat Desa Bugisan masih terjaga.

Di Desa Wisata Bugisan, kamu bisa mengambil Paket Wisata Gerobak Sapi, yakni berkeliling naik gerobak sapi. Kamu juga bisa terlibat proses produksi jamu dan emping, ikut bermain Karawitan, Gejog Lesung, dan sebagainya.

Ada pula Paseban Candi Kembar, Taman Lampion, car free day, dan berbagai festival yang pagelaran pada hari tertentu

5. Umbul Besuki

umbul besuki di ponggok klaten - 5 Destinasi Wisata Klaten yang Bisa Dikunjungi Selama New Normal

Selain Umbul Ponggok, Desa Ponggok juga memiliki Umbul Besuki. Masih terhitung destinasi wisata baru, tetapi tempat ini menawarkan suasana pepohonan yang rindang.

Lokasi Umbul Besuki tak jauh dari Umbul Ponggok. Kedalamannya sekitar 1,5 meter dengan harga tiket masuk Rp3.000.