11 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia Pagi

11 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia Pagi

11 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia Pagi– Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo atau akrab di sapa Dubes Tommy, mengatakan saat ini pengiriman vaksin virus corona (COVID-19) dari Tiongkok ke Indonesia sedang mengalami transit di Singapura. Dalam sebuah pesan singkat kepada IDN Times, Dubes Tommy mengatakan, vaksin COVID-19 buatan Sinovac Life Sciences Co. Ltd tersebut kemungkinan akan tiba di Indonesia

 

5ffd8261ab362676019144 - 11 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia Pagi

Batch pertama tiba pada Desember 2020

Indonesia merupakan salah satu negara yang memesan vaksin corona Sinovac dalam jumlah besar. Batch pertama vaksin yang di pesan telah tiba di Indonesia  lalu. Saat itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, vaksin Sinovac yang tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta di angkut menggunakan pesawat Garuda dengan kargo khusus.

Vaksin tidak langsung digunakan

Meski tiba pada Desember di Indonesia, vaksin Sinovac tidak langsung di gunakan untuk vaksinasi warga pada saat itu juga. Hal itu di karenakan pemerintah masih perlu meneliti lebih lanjut soal keampuhan vaksin. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac.
“Pemberian persetujuan untuk vaksin COVID-19 Indonesia dari WHO memenuhi persyaratan untuk dapat diberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency. Karena itu memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency untuk vaksin COVID-19 yang diproduksi PT Bio Farma,” ujar Kepala BPOM Penny Lukito Penny dalam konferensi pers daring saat itu.

Indonesia sudah mulai vaksinasi

Melansir dari http://thedehealth.com/ Indonesia telah mulai melakukan proses vaksinasi COVID-19 sejak  Presiden Joko “Jokowi” Widodo menjadi orang Indonesia pertama yang menerima vaksin COVID-19 buatan Sinovac, CoronaVac. Pada saat itu, vaksinasi di lakukan oleh tim dokter kepresidenan. Jokowi juga telah menerima suntikan dosis kedua vaksin. Usai di suntik, Jokowi mengatakan di rinya tidak merasakan sakit apa-apa.
“Jadi setelah suntikan yang pertama di 13 Januari lalu, dua minggu lalu, sekarang, hari ini, saya mendapatkan suntikan vaksin kedua dan sama seperti yang di lakukan dua minggu lalu, tidak terasa,” kata Jokowi.